Random Post

SEWUGALUR KARANGSEWU GALUR KULONPROGO D.I YOGYAKARTA 55661 Telp. (0274) 8328062

Jumat, 21 Maret 2014

Profil PP. Darul 'Ulum Muh


          Pondok Pesentren Darul ‘Ulum Muhammadiyah didirikan oleh KH. Dawam Rozie pada tanggal 5 Juli 1932, walaupun sacara tidak resmi memang Darul ‘Ulum Muhammadiyah telah diakui masyarakat sebagai Pondok Pesantren. Namun secara resmi pada tanggal 5 Juli 1978 Pondok Pesantren Darul ‘Ulum Muhammadiyah mendapatkan pengakuan dari pemerintah yakni dengan mendapatkan piagam dari kantor wilayah kementrian Agama provinsi D.I. Yogyakarta nomor C-8419 tanggal 9 Februari 1984.

          Secara Administratif  Pondok Pesantren Darul ‘Ulum Muhammadiyah terletak di lokasi yang sangat setrategis yakni di dusun Sewugalur desa Karangsewu kecamatan Galur kabupaten Kulon Progo. Batas wilayahnya, sebelah selatan berbatasan dengan desa Nomporejo dan samudra Hindia, sebelah utara berbatasan dengan desa Pandowan dan Kecamatan Lendah, dan sebelah barat berbatasan dengan desa Tirtorahayu, sedangkan sebelah timur berbatasan dengan desa Kranggan dan desa Brosot sekaligus kecamatan Galur.

          Pondok Pesantren Darul ‘Ulum Muhammadiyah tersebut berjarak 200 M dari kelurahan Karangsewu dan 2 km dari kecamatan Galur. Sedangkan jarak dengan ibu kota Kabupaten Kulon Progo adalah 12 km, dan dari ibu kota Provinsi  D.I. Yogyakarta 20 km. untuk menuju ke lokasi Pondok Pesantren Daul ‘Ulum Muhammadiyah dapat ditempuh dengan mudah, baik dengan kendaran roda dua maupun roda empat karena terletak di sekitar jalan besar yakni jalur Dan Deles yang menghubungkan Provinsi D.I. Yogyakarta dengan Provinsi Jawa Tengah dan jalan Raya Brosot-Wates yang menghubungkan kecamatan Brosot dengan ibu kota Kabupaten Kulon Progo.

          Dalam perkembangannya Pondok Pesantren Darul ‘Ulum Muhammadiyah memiliki Panti Asuhan dan beberapa unit pendidikan, diantaranya Madrasah Tsanawiyah (MTs) Darul ‘Ulum, Madrasah Aliyah Darul ‘Ulum, dan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Darul ‘Ulum. Selain unit pendidikan Pondok Pesantren Darul ‘Ulum Muhammadiyah juga memiliki unit usaha yakni koperasi simpan pinjam dan pertokoan.

          Hingga saat ini Pondok Pesantren Darul ‘Ulum Muhammadiyah menggunakan sistem terpadu antara Madrasah dan Pondok Pesantren. Adapun kegiatan Pondok Pesantren selain kegiatan di Madrasah adalah kegiatan pengajian umum setiap Ahad pagi, Madrasah Diniyah, Santunan Yatim, Piatu, Yatim piatu dan Dhuafa’.

Tidak ada komentar :

Posting Komentar